Follow me on Twitter RSS FEED

EKSOTISME PANTAI TANJUNG LESUNG (PANDEGLANG-BANTEN)

Posted in

Pantai Tanjung Lesung seluas 150 hektar ini terletak di Kabupaten Pandeglang-Banten , memiliki panorama yang indah, alami, berpasir putih dan kita bisa menjumpai banyak karang di sekitar pantai.
Di bagian utara dari Tanjung Lesung merupakan daerah perbukitan yang tidak begitu curam. Di sini terdapat bagian laut yang menjorok ke pantai dan membentuk seperti danau seluas 12 ha dengan kedalaman 5 m dan dengan kondisi air yang tenang.


Jika kita mendengar kata “Lesung” tentu kita ingat akan kecantikan perempuan yang dipipinya terdapat lesung. Ya, tidak berbeda dengan perempuan cantik berlesung pipit, Pantai Tanjung Lesung pun terlihat cantik karena letak pantainya yang seperti lesung, daratan yang menjorok ke laut.
Keistimewaan pantai ini adalah pasir putihnya yang lembut, angin sepoi-sepoi tidak terlalu kencang menambah eksotisnya pantai ini karena memang tidak langsung menghadap samudera lepas sehingga ombak pun tidak terlalu besar dan relatif aman untuk bermain jetski, snorkling, berperahu ataupun memancing serta memberikan ruang keleluasaan yang cukup bagi para wisatawannya untuk melakukan berbagai kegiatan seperti berjemur, footbal pantai, voli, bermain pasir, dan lainnya.
Bagi Anda dan pasangan yang ingin beromantisme menikmati keindahan sunrise dan sunshine diiringi kicauan burung laut yang melayang-layang dan sesekali mencebur ke laut menangkap ikan disertai suara deburan ombak yang tidak terlalu keras menambah kemesraan suasana. Seperti lagunya Iwan Fals yang berjudul Kemesraan.
Bagi wisatawan yang berhasrat menikmati kekayaan hayati dan pesona bawah lautnya, dapat menyewa peralatan menyelam. Dengan menyelam, wisatawan akan terpukau melihat terumbu karang yang rancak, ubur-ubur beraneka warna, siput-siput kecil dengan cangkang yang unik, dan ikan-ikan yang berenang berkejar-kejaran di garis pantai. Sedangkan bagi wisatawan yang ingin mempelajari cara mentransplantasikan terumbu karang, dapat mengunjungi lokasi konservasi yang berada di tengah laut.
Pesona terbit dan tenggelamnya matahari beralas laut tenang dan berlatar langit cerah, serta ditingkahi oleh burung-burung laut yang terbang rendah dan sesekali menyambar ikan di sepanjang pantai, kian mengukuhkan betapa spesialnya kawasan ini. Wisatawan dapat mencerap momen indah tersebut dari shelter-shelter, pondok-pondok wisata, atau dari atas perahu yang berjalan perlahan-lahan di tepi pantai.
Jika Anda bosan bermain di pantai, Anda bisa mengunjungi Pulau Liwungan dengan menggunakan perahu nelayan atau speedboat dengan waktu tempuh sekitar 30 menit, di pulau yang luas sekitar 50 hektar dan konon hanya dihuni oleh pasangan suami-isteri ini Anda bisa menikmati keindahan selat sunda, eksotisme gunung krakatau dan melihat konservasi terumbu karang yang berada di tengah laut. Atau Anda bisa menyusuri perkampungan nelayan (kampung Cipanon) dan berbelanja kerajinan tangan badak bercula satu dan jika haus Anda bisa menikmati minuman khasnya daun sirih. 
Fasilitas yang lengkap dan tak kalah dengan dua pantai sebelumnya membuat Anda tidak akan kesulitan berwisata di pantai ini. Fasilitas seperti Information Center, Lifeguard, money changer, Parkir Area, banana boat, glass bottom boat, snorkling, kayak sea, mini golf, pool, fishing pool, park, shelter, children playing area, dan lainnya. 



Untuk menuju lokasi, kita dapat melalui jalan negara dan jalan propinsi yang mulus. Kawasan wisata ini sudah dilengkapi dengan infrastruktur dan fasilitas penunjang yang memadai, seperti jaringan telekomunikasi dengan fasilitas layanan telekomunikasi interlokal dan internasional, jaringan listrik dan sarana air bersih. 
Tidak Puas Rasanya ketika saya sempat berlibur kesana tepatnya pada tanggal 1 januari 2010, hanya bermain air pantainya saja, bercanda dibibir pantai yang berpasir putih dengan teman-teman, dan berjalan-jalan sebentar di bawah hijaunya pepohonan nan rimbun, di atas rerumputan yang terawat di sekitaran Pantai Tanjung Lesung. Saya tidak sempat mencoba fasilitas dan wahana olah raga dikarenakan waktu yang terbatas mengharuskan saya kembali beraktifitas esok harinya. Tapi saya cukup senang karena bisa mengenal salah satu objek wisata di kabupaten tempat saya tinggal. 

0 komentar:

Posting Komentar